Senin, 21 Oktober 2013

Vaksin Kucing


Tahu gak vaksin itu apa? 

Vaksin itu adalah antibody untuk tubuh kucing dengan cara 
memasukkan virus yang telah dilemahkan. Kucing yang telah di vaksin bukan berarti akan kebal terhadap segala jenis penyakit, namun akan kebal terhadap beberapa jenis penyakit saja. Beberapa jenis penyakit yang biasanya menyerang kucing adalah :
  1. Feline Panleucopenia (Distemper)
  2. Rhinotracheitis dan Calicivirus
  3. Chlamydia
  4. Feline Leukimia
  5. Rabies
Pemberian vaksin ini biasanya tidak dapat dilakukan sembarangan. Hal yang harus diperhatikan sebelum pemberian vaksin adalah a) kucing harus dalam keadaan benar-benar sehat, tidak terserang penyakit apapun, seperti diare, flu dll. b) seminggu sebelum diberikan vaksin biasanya kucing diberi obat cacing terlebih dahulu. c) sesaat sebelum diberikan vaksin  dicek suhu tubuh dulu, untuk melihat apakah kucing masih dalam keadaan stress atau tidak. Biasanya kucing akan sedikit mengalami stress perjalanan saat menuju tempat vaksin. d) kucing yang akan di vaksin biasanya dimandikan 2-3 hari sebelumnya, karena setelah pemberian vaksin biasanya kondisi tubuh kucing akan sedikit menurun. Hal ini karena kucing beradaptasi terhadap virus yang masuk ke dalam tubuhnya, sehingga antibody tubuh mulai membentuk pertahanan bagi virus tersebut.

Kucing yang diberikan vaksin biasanya berumur 3bulan, karena pada saat ini kucing yang telah lepas sapih daya tahan tubuhnya sudah mulai berkurang akibat sudah menurunnya imunitas tubuh kucing yang berasal dari colostrum / susu induk. Jenis vaksin yang diberikan pada kucing berumur 3 bulan adalah vaksin TRICAT (Feline Panleucopenia (Distemper),Rhinotracheitis dan Calicivirus). Vaksin kemudian diberikan kembali setelah kucing berumur 4 bulan, terdapat pilihan jenis vaksin yang dapat diberikan yaitu vaksin TRICAT dan TETRACAT (Feline Panleucopenia (Distemper),Rhinotracheitis, Calicivirus dan Chlamydia). Pilihan ini dikembalikan kepada Anda sebagai pemilik kucing ingin menggunakan TRICAT ataupun TETRACAT di vaksin ke 2 dan vaksin selanjutnya. Rabies juga merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan yang menyerang kucing dan juga bersifat zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan diantara hewan vertebrata (bertulang belakang) dengan manusia dan sebaliknya. Vaksin rabies pertama kali diberikan pada kucing berumur 20 minggu. Vaksin dapat diberikan ulang kembali setelah satu tahun kemudian. Biasanya kondisi kucing tetap harus dalam keadaan sehat untuk dapat dilakukan pengulangan vaksin.  

Sekarang udah tahu kan vaksin itu apa? dan keuntungan pemberian vaksin untuk kucing kesayangan. Yuk segera periksakan kucing Anda ke dokter hewan terdekat dan berikan vaksin untuk kucing Anda. Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, ini juga merupakan fungsi vaksin. ^^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar